VISI MISI DAN TUJUAN INSTITUSI
AKADEMI KEPERAWATAN GUNUNG MARIA TOMOHON

VISI INSTITUSI

Menjadi lembaga pendidikan keperawatan yang memiliki wawasan luas, luas di bidang kesehatan dan teknologi yang dilandasi dengan cinta kasih kepada sesama di tahun 2030.

  • MISI INSTITUSI
    1. Menjadi suatu lembaga pendidikan tinggi kesehatan yang menghasilkan lulusan tenaga kesehatan dan teknologi yang profesional, dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
    2. Menjadi tempat atau sarana dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi lewat pemanfaatan hasil-hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang kesehatan dan teknologi.
    3. Berupaya meningkatkan pemberdayaan masyarakat, dengan cara memberikan pelayanan profesional kepada masyarakat serta peduli kepada mereka yang membutuhkan.
    4. Menyelenggarakan tata kelola Perguruan Tinggi yang sehat dan produktif, mampu berinovasi dan kerjasama yang relevan dengan Tridharma Perguruan Tinggi.
    5. Mengembangkan karya kongregasi suster-suster JMJ dalam lingkungan Perguruan Tinggi yang dijiwai semangat Kejujuran, Kedisiplinan, Ketangguhan, Tanggung Jawab, dan Kepedulian.
  • TUJUAN INSTITUSI
    1. Melaksanakan pendidikan tinggi kesehatan dan teknologi yang memiliki wawasan luas dan terampil serta memiliki moral tinggi yang dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
    2. Menghasilkan SDM yang Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkualitas, dan profesional yang mampu bersaing di tingkat nasional.
    3. Menghasilkan dan menyebarluaskan penelitian di bidang kesehatan dan teknologi yang tepat guna sesuai dengan permasalahan yang ada di masyarakat.
    4. Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan.
    5. Terselenggaranya kerjasama dengan institusi dalam dan luar negeri dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat
    6. Berupaya menciptakan suasana organisasi yang berpedoman pada karakter kongregasi suster-suster JMJ sehingga tercipta suasana akademik yang nyaman dan bersahabat.

SASARAN INSTITUSI

  1. Sasaran di bidang organisasi, , diharapkan dapat melalui sasaran strategi sebagai berikut:
    1. Menetapkan mekanisme penyusunan program kerja dan penganggaran secara terpadu berpedoman pada visi, misi dan tujuan Perguruan Tinggi.
    2. Tersusunnya struktur organisasi Perguruan Tinggi yang lebih efektif, efisien dan fungsional untuk menjamin terlaksananya tata kerja yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggungjawab dan adil
    3. Terlaksananya sistem penjaminan mutu internal bidang akademik. Targetnya evaluasi kinerja akademik oleh Perguruan Tinggi internal dilakukan minimal 2 kali dalam 1 tahun.
    4. Terselenggaranya pengembangan SDM tenaga dosen dan kependidikan secara bertahap dan berkelanjutan sesuai kebutuhan Perguruan Tinggi
  2. Sasaran bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dan kerjasama yang diharapkan dapat dicapai melalui sasaran strategi sebagai berikut:
    1. Meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan dengan target akreditasi minimal baik.
    2. Tersusunnya kurikulum sesuai keunggulan prodi dan relevansi kebutuhan stakeholder.
    3.  Meningkatkan kuantitas dan kualitas dosen pada intitusi.
    4. Meningkatkan mutu pembelajaran mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.
    5. Meningkatkan jumlah dan mutu penelitian dan pemanfaatan hasil-hasil penelitian yang dapat diaplikasikan pada pendidikan dan pelayanan kesehatan masyarakat.
    6. Meningkatkan jumlah dan mutu kegiatan pengabdian kepada masyarakat
    7. Meningkatkan jumlah jejaring kerjasama kemitraan dengan intitusi ditingkat lokal dan nasional untuk mendukung penyelenggaraan kegiatan pembelajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat civitas akademika.
  3. Sasaran di bidang sarana dan prasarana dan sistem informasi yang diharapkan dapat dicapai melalui sasaran strategik sebagai berikut:
    1. Tercapainya standar pelayanan minimal (SPM) sarana dan prasarana utama pembelajaran. Targetnya pada tahun 2025 laboratorium keperawatan (Hospital Mini) yang memadai dan sesuai dengan student body, pengembangan gedung kelas, laboratorium IT serta perpustakaan dengan koleksi yang cukup dan penggunaan e-library
    2. Menyiapkan layanan akademik berbasis jaringan lokasi (LAN). Targetnya pada tahun 2025 minimal 10 jenis layanan (Mahasiswa, KRS, Jadwal MK, Nilai MK, Transkrip Akademik, Data Base Lulusan, SDM, Keuangan, Inventaris dan Perpustakaan).
  4. Sasaran di bidang kemahasiswaan dan alumni, yang diharapkan dapat dicapai melalui sasaran strategik sebagai berikut:
    1. Meningkatkan kemampuan penalaran ilmiah, berpikir kritis dan sikap enterpreneurship untuk mendukung kompetensi keunggulan lulusan. Targetnya setiap tahun dilakukan pelatihan berkaitan dengan unggulan Perguruan Tinggi.
    2. Evaluasi kinerja alumni dan pengguna. Targetnya minimal dilakukan pertemuan alumni dan study tracer sekali dalam setahun.
    3. Melakukan promosi unggulan lulusan melalui brosur dan internet web kampus ke stakeholder dalam/luar negeri. Target dilakukan pemutakhiran promosi lulusan setiap tahun

VISI MISI DAN TUJUAN PROGRAM STUDI
AKADEMI KEPERAWATAN GUNUNG MARIA TOMOHON

VISI PROGRAM STUDI

Menjadi penyelenggara Program studi Diploma Tiga Keperawatan yang menghasilkan lulusan ahli madya keperawatan yang profesional dan unggul di bidang Keperawatan Medikal Bedah (KMB) dan berwawasan global yang dilandasi dengan cinta kasih kepada sesama di tahun 2030.

  • MISI PROGRAM STUDI
    1. Menyelenggarakan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi secara inovatif dan berorientasi global yang unggul dalam bidang KMB.
    2. Menyelenggarakan kerjasama institusional, nasional dan internasional dalam upaya optimalisasi kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi dan pemberdayaan lulusan.
    3. Menyelenggarakan tata kelola Perguruan Tinggi yang transparan dan bertanggungjawab.
  • TUJUAN PROGRAM STUDI
    1. Menghasilkan lulusan yang mempunyai keahlian, kompetensi dan integritas sesuai dengan keilmuan serta mampu berperan aktif dalam setiap perkembangan khususnya keperawatan medikal bedah.
    2. Menghasilkan penelitian dan publikasi dalam bidang keperawatan yang bermutu dan berdaya saing.
    3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang keperawatan yang bermutu dan berdaya saing.
    4. Meningkatkan kerjasama institusional, nasional, dan internasional.
    5. Mewujudkan tata kelola Perguruan Tinggi yang transparan dan bertanggungjawab.
  • SASARAN
    1. Tercapainya mutu dan kompetensi lulusan
    2. Tercapainya peningkatan mutu di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
    3. Tercapainya peningkatan mutu tata kelola dalam sistem manajemen.
    4. Tercapainya peningkatan ketersediaan sumberdaya manusia sesuai dengan kompetensi yang diperlukan untuk mendukung proses belajar mengajar.
    5. Terjalin kerjasama Tridharma Perguruan Tinggi secara institusional, nasional dan internasional.
    6. Tercapainya peran Akademi keperawatan Gunung Maria dalam mewujudkan civitas akademika yang dapat menjadi teladan dalam melaksanakan nilai-nilai kongregasi SJMJ.
    7. Tercapainya peningkatan sarana dan prasarana yang memadai dan bermutu untuk menunjang proses belajar mengajar di semua bagian.
    8. Tercapainya pengelolaan keuangan yang transparan.
    9. Terwujudnya STIKES Gunung Maria Tomohon.